In the Science book exist in apparent motion. In the book History there is a statue. If we want to have knowledge. Happy and immovable reading.

Thursday, August 8, 2013

Kumpulan Istilah-Istilah Akuntansi & Auditing I



Absence of causal connection (Ketiadaan hubungan sebab-akibat atau timbal-balik). Pembelaan hukum auditor, di mana auditor menegaskan bahwa kerugian yang diklaim, oleh klien sama sekali bukan disebabkan oleh tindakan auditor.

Absorbtion costing (Penentuan biaya absorpsi). Metode penentuan harga pokok produk yang membebankan seluruh biaya produksi: bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik (manufacturing overhead) variabel maupun tetap sebagai bagian dari biaya produk per unit jadi. Istilah ini sama dengan full cost. Lawannya adalah penentuan biaya langsung (direct costing).

Accelerated cost recovery system – ACRS (Sistem pemulihan biaya yang dipercepat). Suatu sistem dari Dinas Pajak (Internal Revenue Service) yang mewajibkan pengurangan penyusutan (depreciation) didasarkan pada suatu “masa pemulihan” yang arbitrer (sembarang), dan bukan atas dasar umur ekonomis.

Accelerated depreciation (Penyusutan dipercepat). Metode penyusutan yang secara sistematis menghapuskan biaya aktiva lebih cepat daripada penyusutan menurut metode garis lurus. Biasanya berdasarkan pada umur ekonomis yang diharapkan dari suatu aktiva. Ada tiga metode pokok penyusutan dipercepat adalah: (1) metode jumlah angka tahun, (2) metode saldo menurun lipat-dua, dan (3) metode unit produksi.

Acceptable audit risk (Pesiko audit yang dapat diterima). Resiko audit yang dapat diterima oleh auditor bahwa terdapat tingkat ketidakpastian tertentu dalam pelaksanaan fungsi-fungsi audit. Suatu ukuran atas seberapa besar kesediaan auditor untuk menerima bahwa suatu laporan keuangan mungkin mengandung suatu salah saji yang material setelah suatu porses audit dinyatakan selesai dan suatu pendapat wajar tanpa syarat telah diterbitkan.

Acceptable risk of assessing control risk too low – ARACR (Resiko yang dapat diterima dari menaksir resiko pengendalian yang terlalu rendah). Resiko auditor mau menerima bahwa pengendalian efektif atau suatu tingkat kekeliruan moneter dan penyimpangan dapat ditolerir, kalau tingkat pengecualian populasi yang sebenarnya lebih besar daripada yang dapat ditolerir.

Acceptable risk of incorrect Accepted – ARIA (Resiko salah penerimaan yang dapat diterima). Resiko auditor mau menerima dari menolak satu saldo sebagai benar meskipun kekeliruan sebenarnya dalam saldo sama atau lebih besar dari salah saji yang dapat ditoleransi.

Acceptable Risk of Over-reliance – ARO (Resiko pengendalian lebih pada pengendalian intern yang dapat diterima). Resiko auditor mau menerima bahwa pengendalian efektif atau suatu tingkat kekeliruan moneter dan penyimpangan dapat ditolerir, kalau tingkat pengecualian populasi yang sebenarnya lebih besar daripada yang dapat ditolerir.

Account (Akun). Simbol dari perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu harta atau aktiva (asset) atau ekuitas (milik, modal = equity) tertentu.

Acoount analysis. Metode untuk menganalisis perilaku biaya dengan membuat klasifikasi variabel dan tetap berdasarkan pengetahuan analis sebelumnya menenai bagaimana perilaku biaya.

No comments:

Post a Comment